SEKOLAH MURAH, MUDAH DAN ber-MUTU : JARGON SMK TEXMACO SEMARANG

POSTED BY Hubinmas   ON 11 MARET 2019   144 VIEWS
SEKOLAH MURAH, MUDAH DAN ber-MUTU : JARGON SMK TEXMACO SEMARANG

* Oleh : Nur Ismawati, S.Si, M.Si

Salam SMK BISA !!!

Salam SMK HEBAT !!!

Salam SMK BISA HEBAT !!!!!

Pendidikan vokasi merupakan masa depan Indonesia di tengah arus gelombang Revolusi Industri 4.0. Era digital ini menjanjikan peluang besar bagi generasi milenial Indonesia yang berjiwa dinamis serta kreatif. Untuk itu, generasi depan bangsa harus kreatif dan produktif agar bisa bersaing secara global. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu jembatan efektif dalam mencetak pengusaha-pengusaha muda. Dalam upaya revitalisasi SMK, sebanyak 60% materi kurikulum SMK berasal dari dunia industri dan 40% dari sekolah. Dalam upaya ini pula, SMK juga menjalin kerjasama dengan industri lokal baik untuk pelatihan maupun pasar bagi produk-produk SMK.

Sebagai salah satu sekolah vokasi yang eksis di kota Semarang sejak tahun 1997, SMK Texmaco berupaya untuk selalu berbenah diri baik dari sisi SDM, manajemen maupun sarana dan pra sarana. Letak sekolah yang strategis dan dikelilingi oleh industry-industri yang tersebar di beberapa kawasan industri, di antaranya kawasan Industri Tugu Wijayakusuma, Kawasan Industri Tambak Aji, Kawasan Industri Candi dan Kawasan Industri Kendal menjadi motivasi bagi sekolah untuk bisa mengupdate kurikulum sekolah agar sejalan dengan kebutuhan industry sehingga nantinya diharapkan lulusan dari SMK Texmaco Semarang dapat memenuhi kebutuhan SDM di perusahaan-perusahaan sekitarnya.

Apresiasi negara dan masyarakat sekitar menjadikan SMK Texmaco Semarang menjadi peraih nilai akreditasi tertinggi se-Jawa Tengah, yakni 97 (kategori unggul). Dan tentunya pencapaian prestasi ini tidak lepas dari dukungan civitas akademik dan masyarakat sekitar. Menariknya, di tengah-tengah kompetisi sekolah negeri dan swasta yang tersebar di kota Semarang, SMK Texmaco masih menjadi sekolah dengan jumlah murid terbesar, dimana setiap tahunnya bisa menampung siswa mencapai 500 orang. Lalu , apa yang menjadi daya tarik SMK Texmaco Semarang bagi masyarakat sehingga mendapat kepercayaan yang luar biasa ? Ada tiga hal yang sebenarnya menjadi semboyan SMK Texmaco Semarang dimana ketiganya mampu menjawab kebutuhan masyarakat. Dengan semboyan “ Sekolah Murah, Mudah dan ber-Mutu “ , SMK Texmaco Semarang selalu siap menjawab tantangan dan berkompetisi dengan sekolah yang lain.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang bahwa kepala sekolah dan guru wajib melaksanakan perintah UU Nomor 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SPN). Dalam Pasal 5 dinyatakan, setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. Pasal 6 juga menyatakan, setiap warga negara yang berusia tujuh sampai dengan 15 tahun tahun wajib mengikuti pendidikan dasar. Dalam Pasal 12 ditegaskan pula, setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya; mendapatkan beasiswa bagi yang berprestasi yang orangtuanya tidak mampu membiayai pendidikannya; mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka yang orangtuanya tidak mampu membiayai pendidikannya.  Dengan dasar itulah, SMK Texmaco Semarang berusaha untuk memberikan program pembelajaran yang mampu dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Latar belakang keluarga yang heterogen bukanlah penghalang bagi sekolah untuk memberikan layanan pendidikan yang berbeda. Demikian pula dengan siswa yang mampu berprestasi dan membawa nama baik sekolah, pastinya sekolah akan memberikan apresiasi kepada mereka dengan fasilitas beasiswa sekolah. Bahkan setiap semester, SMK Texmaco Semarang secara rutin memberikan beasiswa prestasi bagi siswa yang meraih peringkat 1(satu) di kelasnya berupa bebas SPP untuk satu semester. Hal ini membuktikan bahwa sekolah benar-benar memiliki komitmen untuk memberikan pendidikan yang murah dan memberikan apresiasi untuk siswa yang berprestasi.

Kemudahan akses yang berlaku di SMK Texmaco Semarang bisa dinikmati oleh guru, siswa, orang tua dan masyarakat. Mulai dari kemudahan akses transportasi menuju sekolah, proses seleksi saat PPDB, kemudahan akses untuk mendapatkan informasi seputar sekolah, kemudahan akses orang tua untuk mengetahui perkembangan pendidikan anak melalui sms getway, maupun kemudahan bapak ibu guru dalam proses penilaian dan proses penyusunan soal. Bahkan melalui SIATEX, semua kebijakan, management, inventaris dan lain-lain dapat diakses langsung dan diikuti perkembangannya. Komitmen sekolah untuk memanfaatkan IT yang jelas paperless memudahkan penyimpanan seluruh bentuk dokumen dalam bentuk digital.

Harus dipahami bersama bahwa hakekat sejati pendidikan sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 1 UU SPN, "Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara”. Dengan pemahaman itulah, SMK Texmaco Semarang berusaha untuk memberikan proses pendidikan yang bersifat menyeluruh , yakni mengutamakan sendi-sendi kemanusiaan dan akhlak untuk pengembangan karakter dan pembentukan pribadi siswa disamping mendapatkan transfer ilmu dari guru. Harapannya, ada keseimbangan antara prestasi akademik siswa dengan karakter dan pribadi siswa yang positif. Karena setinggi apapun pendidikan yang telah ditempuh akan lebih bermanfaat jika diimbangi dengan karakter dan akhlak yang mulia.

Dengan Jargon Sekolah Murah ….Mudah…dan ber-Mutu….SMK Texmaco berkomitmen untuk selalu berusaha menjadi sekolah terdepan dalam berkompetisi di era Revolusi Inudtri 4.0.

 

Salam SMK Bisa …..SMK Hebat ….SMK Bisa Hebatttt …!!!

 

*Penulis adalah guru Fisika SMK Texmaco Semarang sejak tahun 2009-sekarang

share facebook
share google +
share twitter

Jajak Pendapat

Bagaimana Kualitas Lulusan SMK Texmaco Semarang?

Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

   Lihat Hasil Polling

Alamat

SMK Texmaco Semarang

Jl.Raya Mangkang Km.16  , Kota Semarang 50155

Telp. (024) 8661966, Fax. (024) 8661967;

Email : smktex_smg@yahoo.com


Statistik