PELATIHAN REBRANDING SEKOLAH , SMK TEXMACO SEMARANG : TEAM HUBINMAS SIAP UP GRADE

POSTED BY Hubinmas   ON 20 MARET 2019   228 VIEWS
PELATIHAN REBRANDING SEKOLAH , SMK TEXMACO SEMARANG : TEAM HUBINMAS SIAP UP GRADE

Sebagai salah satu upaya revitalisasi SMK dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 , sangat diperlukan suatu brand sekolah  yang menjadi ikon “identitas” sekolah tersebut dan menjadi “sesuatu” yang berbeda dengan sekolah lain. Dalam perkembangan selanjutnya, brand yang sudah dikenal oleh masyarakat dituntut pula untuk up to date dengan teknologi yang perkembangannya tidak kalah pesat. Berbagai media sosial dewasa ini menjadi salah satu media paling handal untuk memperkenalkan produk, brand, company profile, maupun untuk kepentingan bisnis lainnya. Kecepatan dan kemudahan akses serta fitur-fitur menarik yang dapat dimanfaatkan menjadi daya tarik lebih bagi suatu institusi untuk menggunakannya sebagai media promosi.

Upaya untuk merevitalisasi SMK tidak hanya terbatas pada peningkatan SDM internal, penyelarasan kurikulum sekolah dengan kurikulum industri serta peningkatan kerjasama yang sinergis antara SMK dengan DU/DI. Rebranding sekolah juga merupakan bagian dari upaya untuk merevitalisasi SMK. Melalui proses evaluasi atas brand sekolah yang sudah ada atau bahkan merubah total brand yang sebelumnya sudah dikenal masyarakat tanpa mengubah substansi dari pesan yang akan disampaikan, maka penting bagi sekolah untuk mereview kembali brand yang sebelumnya sudah dikenal lebih dahulu oleh masyarakat.

Berbekal pelatihan yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan SMK yang bekerja sama dengan tim Branddoctors Indonesia, SMK Texmaco Semarang segera melakukan pembenahan dari brand SMK yang selama ini sudah dikenal luas oleh masyarakat. Berbagai media sosial akan dimaksimalkan sehingga masyarakat memiliki alternatif media sosial apa yang akan digunakan untuk mendapatkan informasi seputar SMK Texmaco Semarang. Jika selama ini media yang digunakan mencakup instagram, facebook dan website , maka ke depannya akan dirilis pula channel Youtube SMK Texmaco Semarang yang akan mengakomodir seluruh kegiatan sekolah baik guru maupun siswa.

Pelatihan yang  diikuti oleh 2 (dua) orang perwakilan Tim Hubinmas selama tiga hari (12/3/2019 s.d 15/3/2019) di Novotel Airport Bali ini menjadi inspirasi dan motivasi untuk mengevaluasi apakah brand yang selama ini digunakan sudah tepat sasaran , mampu mewakili pesan yang ingin disampaikan dan berhasil menjadi “sesuatu” yang mudah diingat. Dalam sesi akhir kegiatan ini, tim Hubinmas SMK Texmaco Semarang yang mendapat julukan “Hubinmas Millenial” mendapat kehormatan mewakili 170 (seratus tujuh puluh) peserta dari seluruh Indonesia untuk menyampaikan harapan ke depan nya sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini.

“Menurut kami, kegiatan rebranding ini sangat bermanfaat bagi SMK , khususnya yang mengalami kendala dalam mempromosikan sekolah karena belum memahami secara mendalam bagaimana menciptakan suatu brand sekolah yang simpel, menarik, tepat sasaran dan mudah dikenang. Terlebih lagi dengan nara sumber tim Branddoctors Indonesia yang begitu welcome dan berkenan mengajarkan hal-hal yang baru seperti pemanfaatan Power Point yang dapat langsung dikonvert dalam bentuk MP4 sehingga mempermudah pembuatan video profil sekolah tanpa harus menggunakan aplikasi yang lebih rumit, teknik pembuatan vlog dan blog serta teknik editing gambar yang baik. Harapannya, kegiatan ini dapat pula diikuti secara merata khususnya untuk sekolah-sekolah yang letaknya jauh dari jangkauan atau pusat kota”.

Salam SMK Bisa !!! Salam SMK Hebat !!! Salam SMK BISA HEBAT !!!

I AM TEXMACO !!!

I CAN DO THE BEST !!!

I CAN BE SUCCESS !!!!

share facebook
share google +
share twitter

Jajak Pendapat

Bagaimana Kualitas Lulusan SMK Texmaco Semarang?

Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

   Lihat Hasil Polling

Alamat

SMK Texmaco Semarang

Jl.Raya Mangkang Km.16  , Kota Semarang 50155

Telp. (024) 8661966, Fax. (024) 8661967;

Email : smktex_smg@yahoo.com


Statistik