Beasiswa ABP Shizuoka untuk Lulusan SMA SMK Sederajat

POSTED BY Hubinmas   ON 07 NOVEMBER 2018   14 VIEWS

Kurikulum program ABP Shizuoka menekankan pada pendidikan antar-dispilin yang seimbang dengan berfokus pada kombinasi keahlian teknis, kepiawaian dalam praktik bisnis, berpikir ilmiah, dan keterampilan interpersonal. Dengan kurikulum tersebut, para kandidat terpilih akan terhubung dengan berbagai perusahaan global melalui sejumlah kegiatan di dalam dan luar kampus seperti: magang, ceramah, seminar, dan lokakarya yang diadakan oleh pakar bisnis dari perusahaan. Selain itu, program ABP juga menawarkan konseling dari tahun pertama kuliah bagi penerima beasiswa guna membangun jalur karier yang jelas setelah lulus nantinya.

Berikut adalah contoh perusahaan tempat alumni program ABP Shizuoka bekerja:
AEON MALL, AISIN, Ajinomoto Healthy Supply, Brother, Canon, DENSO, DWANGO, Fuji Electric, FUJITSU, Hamamatsu Photonics, HITACHI, Honda Motor, JATCO, KDDI, Kewpie,Kikkoman, Koito Manufacturing, KYOCERA, Mitsubishi Chemical, NEC, NGK Insulators, Nissan Motor, NTT, NTT Data, NTT DoCoMo, OMRON, Paloma, Panasonic, Ricoh, ROHM Semiconductor, Seiko Epson, SoftBank, Sony, SUZUKI MOTOR, Suzuyo, TOSHIBA, Toyota Motor, Yamaha Motor, Yazaki.

Selama enam bulan pada semester pertama, para kandidat terpilih akan mendapatkan pelajaran intensif bahasa Jepang dan pelajaran dasar ABP. Selanjutnya pada tujuh semester berikutnya (selama 3,5 tahun), akan dilaksanakan pembelajaran dalam bahasa Jepang, kuliah umum dan program pembelajaran aktif ABP, magang di perusahaan Jepang, serta proyek riset kelulusan.

Untuk pilihan fakultas yang tersedia dalam program ABP Shizuoka adalah sebagai berikut:
1. Humanities
– Faculty of Humanities and Social Sciences
– Faculty of Education
– Faculty of Informatics (Department of Socio-Information Studies)
2. Science and Technology
– Faculty of Informatics (Department of Computer Science, Department of Behavior Informatics)
– Faculty of Science
– Faculty of Engineering
– Faculty of Agriculture

CAKUPAN BEASISWA:
1. Bebas biaya pendaftaran dan biaya masuk.
2. Gratis biaya perkuliahan untuk tahun pertama. Untuk tahun kedua hingga keempat, terdapat potongan biaya perkuliahan mulai dari 50% hingga 100% (berdasarkan penilaian tahunan terhadap prestasi akademik).

Tersedia juga uang saku ABP Bulanan untuk semua mahasiswa tahun pertama serta peluang pendanaan lain yang disponsori pemerintah dan perusahaan.

PERSYARATAN:
1. Bukan merupakan warga negara Jepang.

  1. Merupakan warga negara Indonesia, Vietnam, Thailand, Myanmar atau India.
  2. Pelamar mampu mendapatkan status kependudukan yang sesuai untuk dapat mendaftar ke universitas di Jepang sesuai dengan peraturan imigrasi Jepang (Japanese Immigration Control and Refugee Recognition Act).
  3. Memenuhi SALAH SATU persyaratan berikut:
    a. Telah menyelesaikan studi SMA/SMK/sederajat di negara Indonesia/Vietnam/Thailand/Myanmar/India. Terbuka juga bagi pelajar SMA/SMK/sederajat yang akan lulus di tahun 2019 (pada tahun 2018 sedang menduduki kelas 12).
  4. Telah lulus ujian nasional (UAN) atau ujian kualifikasi lainnya yang setara seperti IB (International Baccalaureate) di negara asal. Selain itu, pelamar juga harus berusia 18 tahun sebelum 30 September 2019.
  5. Apabila pelamar berasal dari sekolah menengah Jepang atau sekolah internasional yang ada di Jepang, studi tersebut harus berdurasi tidak lebih dari tiga tahun.

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:
1. Esai dalam bahasa Jepang dengan panjang 500 kata berisi penjelasan motivasi melamar beasiswa, bidang akademik yang diminati, dan jalur karir yang diinginkan setelah menyelesaikan studi (Format PDF).

  1. Pasfoto terbaru dengan ukuran 35 mm x 45 mm.
  2. Transkrip akademik pada kelas 10, 11, dan 12. Dan apabila sudah ada, lampirkan juga salinan hasil akhir Ujian Nasional.
  3. Salinan Ijazah SMA/Sederajat.
  4. Hasil tes EJU (ujian masuk universitas di Jepang bagi pelamar internasional) (Lihat Informasi Tes EJU).
  5. Hasil tes kecakapan bahasa Inggris seperti TOEFL/TOEIC/IELTS.
  6. Hasil tes JLPT (Japanese-Language Proficiency Test) diwajibkan bagi yang belum mengambil tes EJU.
  7. Form persetujuan bagi pelamar yang merupakan karyawan atau pegawai perusahaan (Download Form).

CARA MENDAFTAR:
Untuk mendaftar Beasiswa ABP Shizuoka, pelamar dapat mendaftarkan diri secara online pada website resminya berikut: http://www.abp.icsu.shizuoka.ac.jp/.

Pendaftaran BARU AKAN DIBUKA pada tanggal 12 November 2018 dan ditutup pada 30 November 2018. Karena saat ini pendaftaran belum dibuka, pelamar dapat mempersiapkan diri dengan melengkapi persyaratan dan berkas dokumen yang dibutuhkan. Informasi lebih detail mengenai program ABP Shizuoka juga dapat dilihat pada link berikut: Informasi Beasiswa ABP. Pengumuman hasil seleksi pertama dilaksanakan pada 17 Januari 2019. Selanjutnya akan dilaksanakan seleksi wawancara via Skype sekitar awal Februari 2019 dilanjutkan pengumuman hasil seleksi kedua pada 8 Maret 2019. Perkuliahan akan dimulai pada 1 Oktober 2019.

Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa ABP Shizuoka, dapat langsung menghubungi email: abpquery@suml.cii.shizuoka.ac.jp atau mengunjungi website resminya: www.abp.icsu.shizuoka.ac.jp/eng/

share facebook
share google +
share twitter

Jajak Pendapat

Bagaimana Kualitas Lulusan SMK Texmaco Semarang?

Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

   Lihat Hasil Polling

Alamat

SMK Texmaco Semarang

Jl.Raya Mangkang Km.16  , Kota Semarang 50155

Telp. (024) 8661966, Fax. (024) 8661967;

Email : smktex_smg@yahoo.com


Statistik